Bersabar Itu Indah

Sepanjang kehidupan kita, ujian & cobaan datang silih berganti karena makna kehidupan itu sendiri adalah bagaimana menghadapinya. Ujian & cobaan kehidupan adalah tantangan yang akan memilah mana orang yang tahan uji dan mana orang yang lemah, Mana orang yang beriman dan mana orang tidak beriman. Bagi seorang mukmin kehidupan akan selalu mendatangkan keberuntungan karena ia bersyukur ketika memperoleh nikmat dan bersabar ketika menghadapi kesulitan. Sebaliknya orang tak beriman selalu tak beruntung, ketika memperoleh nikmat ia lupa diri dan ketika menghadapi kesulitan berat ia lupa ingatan. Sabar ialah tabah hati tanpa mengeluh dalam menghadapi cobaan dan rintangan, dalam jangka waktu tertentu, dalam rangka mencapai tujuan. Islam mengajarkan bersabar itu indah.

Pertama, tahan ketika menghadapi hantaman pertama. Rasulullah pernah bersabda, Innamassabru indassad matil uulaa. Artinya: Sabar yang sesungguhnya ialah ketika menghadapi hantaman pertama.

Kedua, ketika ditimpa musibah, segera mengingat Allah dan mohon ampunannya. Firman Allah, ‘(Orang-orang yang sabar ialah) mereka yang ketika ditimpa musibah, berkata, ‘sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Nya.’ (al Baqarah: 156).

Ketiga, tidak menampakkan musibahnya kepada orang lain, seperti yang dicontohkan oleh istri Abu Talkhah (Ummu Sulaim) ketika ditinggal mati anaknya. (dikisahkan dalam hadis Riwayat Muslim).

Keempat, sabar menghadapi semua cobaan dengan ikhlas kepada Allah. Allah berfirman dalam hadis Qudsy, ‘HambaKu yang mukmin, yang bersabar dengan pasrah kepadaKu ketika kekasihnya Aku panggil kembali (mati), kepadanya tak ada balasan yang layak dari Ku selain surga.’ (HR. Bukhari)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...keyword: teks dakwah, hadist tentang sabar, teks pidato islam itu indah, teks dakwah pildacil, contoh pidato pildacil, ceramah islam itu indah, isi ceramah islam itu indah, pidato islam itu indah, kata2 sabar, pidato tentang islam itu indah, contoh dakwah singkat islam, contoh teks dakwah islami, naskah dakwah pildacil, pidato islami, contoh ceramah pildacil, contoh pidato islam itu indah, contoh ceramah islam itu indah, kata kata sabar menghadapi cobaan, dakwah pildacil, naskah dakwah, pidato sabar, hadist tentang sabar dan ikhlas, konsep pildacil, teks dakwah islam singkat, konsep pidato pildacil, kata mutiara sabar dan ikhlas, contoh ceramah tentang sabar, konsep ceramah pildacil, konsep sabar dan ikhlas, teks dakwah islami
No Searches

One Response to “Bersabar Itu Indah”

  1. ketika mabi adam

Leave a Reply


prosense agc agckucom