Susu Formula Berisiko Menyebabkan Otak tak Berkembang


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Pemberian susu formula pada bayi baru lahir ternyata memberi risiko yang tak ringan. Otak bayi berpotensi tidak berkembang akibat terlalu banyak mengkonsumsi susu formula.

”Risiko sistem jaringan otak tidak terbangun sebesar 20 persen,” kata Penasihat Ikatan Bidan Indonesia (IBI) DKI Jakarta, Sri Purwanti Hubertin, Senin (23/8).

Hubertin mengatakan bahwa kandungan susu formula tidak sebaik kandungan nutirisi yang terdapat di dalam air susu ibu (ASI). Dia mencontohkan taurin, asam amino rantai panjang, untuk proses maturasi otak banyak terdapat di ASI dan hanya sedikit terkandung pada susu sapi.

Protein whey yang mudah diserap oleh usus bayi dan digunakan 100 persen oleh tubuh ada pada ASI. 65 Persen protein ASI berjenis whey sedangkan pada susu formula kandungan protein whey maksimal hanya 20 persen dan sisanya protein casein. Whey protein diketahui mengandung enzim, hormon, antibodi, faktor pertumbuhan, dan pembawa zat gizi.

Dalam sebuah artikel Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) disebutkan susu formula lebih banyak mengandung protein casein hingga 80 persen yang sulit dicerna usus bayi yang pada akhirnya dibuang oleh bayi. Pembuangan protein casein tersebut lewat ginjal. Sehingga ginjal bayi sudah dipaksa untuk membuang casein.

Ginjal bayi yang sudah bekerja membuang protein casein, dikatakan Hubertin, menjadi salah satu pemicu banyak kasus gagal ginjal terjadi pada anak. Ia mencontohkan saat ini anak usia 14-15 tahun ada yang sudah menderita gagal ginjal.

”Risiko lain dari konsumsi susu formula adalah mudahnya terjadi pengapuran pada pembuluh darah,” kata Hubertin. Karena lemak di dalam ASI selain sebagai nutrisi juga membentuk enzim penghancur lemak yang tidak diperlukan tubuh. Pada susu formula enzim penhancur tidak terbentuk sehingga lemak berdiam di dalam tubuh yang menyebabkan pengapuran pada pembuluh darah. ”Yang terlihat saat ini banyak orang stroke muda. Salah satu penyebabnya adalah pengapuran yang terjadi pada pembuluh darah,” tutur dia.

Beberapa risiko tersebut menyebabkan pemberian ASI sangat penting bagi bayi baru lahir. Ibu harus paham betapa pentingnya ASI bagi bayi. Namun Hubertin menyayangkan masih banyak petugas kesehatan maupun fasilias kesehatan yang belum menyadari pentingnya ASI bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Sehingga mereka kurang mendorong pemberian ASI pada bayi baru lahir.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...keyword: manfaat susu bebelac, kelebihan susu bebelac, keunggulan bebelac, susu boneto, kandungan gizi susu bebelac, kelebihan bebelac, Manfaat susu bebelac 3, kandungan bebelac, keunggulan susu bebelac, khasiat susu bebelac, bebelac formula, komposisi bebelac 2, pengaruh susu formula pada bayi, manfaat susu bebelac 1, Susu bebelac complete, susu formula bebelac, komposisi susu bebelac, kandungan susu bebelac 3, manfaat minum BEBELAC untuk anak, komposisi susu bebelac 2, kandungan nutrisi susu bebelac, kandungan susu bebelac 1, manfaat susu bebelac 4, manfaat bebelac 4, Susu formula boneto, kebaikan susu bebelac, keunggulan bebelac 4, Fungsi susu bebelac4, efek susu bebelove, manfaat susu bebelac4
No Searches

4 Responses to “Susu Formula Berisiko Menyebabkan Otak tak Berkembang”

  1. anak aku sudah berusia 2 tahun,dan sudah tidak minum asi,dan sebagai pengganti asi saya memilih susu formula BONETO KIDS,BEBELAC COMPLETE.menurut anda bisakah saya meneruskan memberinya susu/lebih baik di hentikan????mohon di jawab….

  2. ummu zaid zabid rajaba on January 19th, 2012 at 04:29

    masyaAllah ngeri sekali bacanya ,,,,makanya buat ibu2 muda jangan malas memberikan ASI utk bayi2 anda,,,,sampai kapan pun ASI akan jauh lbih baik dari sufor,,,,, n jgn percaya iklan di tv,, yg bilang klo bayi mnum susu merk ini ato itu maka si bayi akan cerdas,,,,boong bgt tuh,,lebay bgt gtu,ya iyalah lha wong namanya juga iklan jdi harus dikemas scr menarik, klo ndk menarik yo ndk bakalan laku cuy,,,, ASI EMANG PALING TOP daahhh,,,,

  3. ganti uht aja mba..dari segi proses pembuatan aja lbh bagus uht. monggo browsing kelebihan susu uht dibanding susu bubuk..

  4. usia 2 th ke atas tidak perlu minum susu sapi lagi karena tubuh tidak lagi memproduksi enzym pencerna protein susu sapi. GIzi dapat diperoleh dari banyak makan buah, sayuran, kacang2an, polong2an, dll. Sumber: Buku “Miracle of Enzym”

Leave a Reply


prosense agc agckucom