Objek wisata Yang Ada Di Serdang Bedagai Sumatera Utara


Kabupsten serdang bedagai (sergai) menjadikan periwisata sebagai salah satu sector andalan dalam meningkatkan Pendapatan asli daerah (PAD). Sergai memang memiliki potensi wisata yang beragam. Hiburan hari raya idul fitri 1428 H , sejumlah lokasi wisata yang ada di lokasi wisata yang ada di sergai diserbu masyarakat bukan hanya warga sergai tetapi jugawarga dari sejumlah daerah di Sumatera Utara. Umumnya yang paling banyak diminati adalah wisata Air yakni mengunjungi pantai atau sungai. Sejak hari lebaran pertama, sudah ribuan masyarakat mendatangi pantai-pantai di sepanjang pesisir timur Sumatera ini. Demikian juga sejumlah lokasi wisata sungai. Harus diakui kondisi geografis sergai memang memberikan keuntungan bagi sergai seperti jarak yang tidak terlalu jauh dari kota medan. Pemanfaatan potensi alam maupun budaya yang dimilikisergai akan menjadi daya tarik wisata yang berbasis lingkungan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah perinsip dalam membangun dunia kepariwisataan. Potensi wisata yang begitu banyak ini pelan-pelan mulai dibenahi Pemkab Sergai. Kawasan-kawasan wisata ditata apik dan dijaga kebersihannya. Bahlan setelah Pantai Cermin memliki kawasan wisata bertaraf internasional , Pemkab Sergai kini akan melakukan hal serupa pada pulau berhala. Beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi antara lain:

Pantai cermin Theme Park

Objek wisata yang satu ini mungkin menjadi salah satu ikon pariwisata Sergai selain Pulau berhala. Bagaimana tidak setiap minggu jika tidak masa libur, lokasi ini selalu dipadati pengunjung. Lebaran kemarin saja, ribuan orang setiap hari menikmati berbagai arena permainan air yang tersedia. Berbagai permainan ada di lokasi itu, mulai dari karaoke, games serta bagi-bagi hadiah bagi para pengunjung yang datang. Pengunjung bebas berkaraoke ria menunjukkan kemampuannya di ruangan yang tersedia dan ditata sedemikian rupa. Sedang lokasi pantai, terlihat pengunjung bermain voli pantai. Yang tidak kalah menariknya seperti jetski, kayak, dan boat. Hanya saja orang tua yang membawa anak-anaknya yang paling difavoritkan adalah banana boat,yakni boat yang berbentuk seperti pisang. Kemudian ditengah lokasi persis ditengah lokasi theme park terdapat Pantai Putih bersih tentu saja akan menarik untuk dinikmati, kendati berada pada selat malaka yang lalu lintasnya sangat padat mencapai 54 kapal setiap tahun melintasinya.

”Lokasi Pantai Cermin Theme Park ini sangat menarik dan sangat cocok sebagai lokasi darmawisata bagi keluarga, apalagi lokasi ini menyediakan tempat penginapan seperti resort,” kata salah seorang pengunjung yang datang bersama keluarganya saat liburan hari raya lalu. Hal senada juga diungkapkan para pengunjung lainnya yang datang dari berbgai daerah seperti Riau, Jambi, Palembang, Aceh bahkan dari Jakarta yang umumnya pulang mudik ke Sumut, kemudian memilih Pantai Cermin Theme Park sebagai tujuan wisata. ”Wah lokasi ini tak kalah dengan lokasi wisata yang ada di ibukota. Bahkan bisa dikatakan lebih baik,” kata Vera mahasiswa Unpad Bandung yang pada hari liburan ini menunjungi neneknya di Binjai, lalu menikmati liburan di Theme Park. Menurut Event and Communication Manager Theme Park T. Feria Aznita, sampai lebaran hari ke 6 jumlah pengunjung yang datang ke objek wisata ini mencapai 20 ribu orang. Mereka datang baik dengan menggunakan bus, kendaraan pribadi maupun roda dua.

PULAU BERHALA

Pulau Berhala di Kecamatan Tanjung Berining, Kabupaten Sergai sangat berpotensi untuk dijadikan kawasan wisata bahari karena keindahannya alamnya yang sangat luar biasa. Sehingga tidak mengherankan jika banyak orang mengatakan pulau ini sangat eksotik. Pulau Berhala yang memiliki topografi bergunung dengan hutan lebat dan pantai yang putih bersih tentau saja akan menarik untuk dinikmati, kendati berada pada Selat Malaka yang lalu lintasnya sangat padat mencapai 54 ribu kapal setiap tahu melintasinya. Selain kondisi alamnya masih asri, jelasnya, pulau terluar Indonesia di Selat Malaka seluas 2,5 kilometer persegi ini kaya akan keanekaragaman hayati seperti, ikan dan terumbu karang yang sangat indah dan tidak dimiliki oleh Negara lain. Bahkan pada awal dan akhir tahun, pantai Pulau Berhala menjadi tempat persinggahan penyu untuk bertelur. Pulai ini juga dinyatakan memiliki 60 persen biota yang hidup di Indonesia sehingga telah ditetapkan sebagai kawasan wisata bahari melalui Perda No 12 Tahun 2006 yang dapat dikembangkan selama tetap berwawasan lingkungan. Tidak terlalu sulit untuk sampai ke Pulau Berhala, jarak tempuhnya juga sangat dekat. Dari pelabuhan Belawan jaraknya sekitar 70 mil. Sementara kalau perjalanan dengan kapal hanya butuh waktu sekitar 1,5 jam dari pelabuhan rakyat di Tanjung Beringin atau Pantai Cermin. Upaya yang perlu dilakukan dalam mengembangkan potensi wisata pulai ini, adalah dengan campur tangan investor untuk memperkenalkan keindahan Pulau Berhala yang dinilai memiliki banyak kelebihan disbanding pula-pulau lainnya

“ Saya yakin Pulau Berhala akan menjadi tujuan utama wisatawan baik local maupun manca Negara karena itu didukung dengan membangun berbagai sarana dan prasarana seperti resort, restaurant, dan fasilitas wisata lainnya,” kata Usman, salah seorang warga Medan yang pernah mengunjungi pulau tersebut. Karena kawasan ini mulai dibenahi Pemkab Sergai, salah satunya dengan mengundang investor mau membangun salah satu dari 12 pulau terluar Indonesia ini. Investor kini telah mendapat izin adalah PT Kawasa Bahari Pantai Cermin. Sesuai dengan surat Menteri Kelautan dan Perikanan tertanggal 27 September 2007. Perusahaan yang akan mengelola pulai ini telah berkomitmen untuk tetap mengutamakan pemeliharaan lingkungan dan ekosistem Pulau Berhala serta pengairan. Pemkab Sergai semdiri sangat ketat memberikan rekomendasi mengingat hal ini diatur dalam Perpres 78 tahun 2005 tentang Pengelolaan Pulau-pulau Kecil Terluar dimana pengelolaannya perlu koordinasi dengan pemerintah pusat.

Pemandian Batu Nongol

Lokasi pamandian ini berada ditengah perkebunan PTPN III Kebun Gunung Pamela Kecamatan Sipispis. Aliran sungai ini berasal dari gunung Simarsepoh Sindaraya, Simalungun. Kondisi alam yang masih alami serta didukung air yang jernih berpadu dengan bebatuan benar-benar menarik. Apalagi kini telah ditata dengan baik oleh pengelolanya bahkan menyediakan beberapa arena permainan anak-anak. Dengan kondisi yang sudah tertata itu sungai ini semakin menarik terutama untuk rekreasi keluarga. Pondok-pondok santai, gelanggang permainan dan restoran tersedia bagi pengunjung. Jalan setapak dipinggir areal perkebunan disepanjang tepi sungai membuat pengunjung betah berekreasi sambil menikmati udara segar dan menyaksikan aneka jenis burung yang bebas berkeliaran disekitar pepohonan. Restoran dikawasan objek wisata Batu Nongol menyajikan makanan menarik “ ikan Cen-Cen” sejenis ikan air tawar yang hidup di sungai berarus deras dan berbatu-batu. Ikan cen-cen ini sangat enak dan gurih rasanya. Karena itu tidak mengherankan jika pada liburan hari raya lalu lokasi ini setiap harinya dipadati 1800 sam 2000 pengunjung. Bahkan pada hari raya ketiga jumlah pengunjung membludak hingga 3500 orang. Mereka datang bukan saja dari Sergai atau tebing tinggi tetapi juga dari daerah-daerah lain di sumatera utara. Objek wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan darat berjarak tempuh 90 Km dari kota Medan dan Sei Rampah ( Ibu Kota Serdang Bedagai ) melalui rute Medan – Pematang Siantar. Jalan menuju lokasi objek wisata Batu Nongol cukup baik. Lokasi objek wisata Batu Nongol Dapat ditempuh melalui Kota Tebing Tinggi kea rah Perkebunan Gunung Pamela atau dari Simpang Baja lingge Kebun Gunung Para. Transportasi yang dapat digunakan adalah mobil pribadi, sepeda motor atau angkuta penumpang umum.

Pura Bali Desa Pegajahan

Banyak orang menyebutkan beberapa dusun di desa Pegajahan ini sebagai Kampung Bali. Menurut seritanya, warga Bali yang tinggal di Sergai ini adalah para buruh kontrak yang didatangkan langsung dari pulau Bali oleh perusahaan PTPN IV Adolina sekitar tahun 1962. saat itu ada sekitar 53 KK atau 200 jiwa yang bermukim di Desa Pegajahan. Komunitas ini hidup berdampingan dengan sejumlah buruh lainnya yang memang berasal dari bermacam-macam etnis. Ada Jawa, Kalimantan, Simalungun, Tapanuli, Melayu. Walau jauh dari kampong halaman, namun komunitas ini tetap mempertahankan adap istiadat dan keyakinan mereka. Sekita tahun 1989, didirikan sebuah pura. Pembangunan pura ini dibantu oleh Sejumlah warga bali yang tersebar dibeberapa wilayah sumut. Pura yang diberi nama Pura Penataran Dharmaraksaka ini sendiri ramai dikunjungi setidaknya dua kali sebulan oleh umat hindu bali untuk berinadah pada waktu purnama dan Tilam (bulan gelap). Upacara ini dipimpin oleh Pandita Wayan Gio. Karena komunitasnya yang kecil membuat warga bali ini memiliki rasa kekeluargaan yang kental dengan saling mengunjungi warga bali lainnya diluar Sergai. Keunikan yang ada di Desa Pegajahan ini tentu menjadi objek wisata. Apalagi kawasan Desa Pegajahan dikenal daerah home industri yang memiliki banyak pengrajin usaha kecil.

AIR TERJUN SAMPURAN

Lokasi wisata air terjun Sampuran Widuri terletak di Dusun III desa Dolok Merawan Kecamatan Dolok Merawan, yang hanya berjaraj sekitar satu km dari jalan lintas Sumatera menuju Pematang siantar. Disekitar tempat ini terdapat 3 air terjun, yang tertinggi adalah air terjun Sampuran Widuri dengan Ketinggian sekitar 50 meter, dengan deburan air yang jernih, hijaunya pemandangan sekitar dan sejuknya udara menjadikan kawasan air terjun. Tempat ini oleh Pemkab Sergai juga ditetapkan sebagai lubuk larangan dan sudah ditabut ribuan benih ikan berbagai jenis, diantaranya benih ikan emas dan nila. Air terjun Sampuran merupakan objek wisata yang dikelola oleh desa dan saat ini sedang berbenah diei guna mensejajarkan dengan objek wisata lainnya yang ada di kabupaten Sergai.
Pantai Klang, Potensi Yang belum optimal

Pantai Klang yang berada di Desa Naga Lawan kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Saat ini saja ribuan orang mengunjunginya di akhir pekan. Pada hari-hari libur, Pantai Klang sangat padat dikunjungi pengunjung yang datang dari berbagai daerah seperti Labuhan Batu, Tanjung Balai, Asahan, Tebing Tinggi, Medan dan Tanah karo dengan mobil pribadi dan bus umum yang sengaja dicarter atau sewa dari daerah masing-masing. Di pantai Klang kita dapat menikmati indahnya pemandangan pantai dengan pasirnya yang putih bagai kristal dan melihat deru ombak serta menikmati terpaan angina laut sehingga menghilangkan kepenatan. Kita juga dapat berkunjung ke sumur ajaib (sumur berkah) di sisi pantai. Di kawasan Pantai Klang tersedia pondok-pondok kecil bagi pengunjung, untuk dapat memakai pondok tersebut kita hanya membayar antara Rp 9-20 ribu, menurut ukuran besar pondok yang akan kita sewa. Pondok biasanya digunakan sebagai tempat barang-barang yang dibawa, tempat istirahat dan berteduh bila letih berjalan mengitari pantai atau sehabis mandi di laut. Para pengunjung yang datang ke lokasi objek wisata Pantai Klang selalu terlihat berbasah-basahan. Untuk anak-anak dapat berenang dan bermain bersama riak ombak di tepi pantai yang telah tersediakan di kawasan tepi pantai khusus untuk anak-anak dan lebih mengasikkan dalam menikmati mandi air laut dan berenang di sekitar tepi pantai masyarakat sekitar pantai dan pengelola menyediakan ban untuk disewa dengan harga yang relative murah dan terjangkau hanya Rp. 3000 atau Rp 5.000.

Bila berada di pantai Klang kita tak ingin cepat-cepat meninggalkan lokasi tersebut, kita betah bermain dengan ombak atau duduk-duduk santai di pondok yang tersedia apalagi di lokasi kawasan pantai Klang terdapat sejumlah makanan ringan eperti mie goreng, ayam goreng, pecal, sate kerang dan bermacam jajanan ringan. Seluruh makanan tersebut adalah hasil sajian warga masyarakat sekitar pantai dan lebih membuat kita tertarik untuk membeli dan menikmatinya, makanan dijual tidak melebihi tarif harga di luar pantai. Salah satu daya tarik para pengunjung datang ke lokasi Pantai Kelang karena para penjual makanan, penyewa ban dan penyewa pondok pantai tersebut ramah-ramah dalam melayani setiap para pengunjung. Bila tiba waktunya untuk pulang selalu berpesan agar para pengunjung dapat memberitahukan keadaan wisata pantai itu kepada tetangga, famili lainnya agar datang kesana untuk menikmati wisata di Pantai Klang.

Sumur air tawar

Daerah wisata ini juga dikenal dan dikunjungi karena adanya sebuah sumur air tawar. Sumur ini tidak berada jauh dari bibir pantai, hanya berjarak 90-an meter. Dengan kedalaman satu setengah meter sumur ini menjadi salah satu daya tarik pengunjung. Orang-orang sekitar dan para pengunjung menyebut sumur tersebut sebagai sumur ajaib atau sumur penyembuhan. Mereka percaya sumur tersebut memiliki khasiat untuk berbagai penyakit. Menurut keterangan dari masyarakat setempat dan para pengunjung yang hadir sumur itu dikatakan sumur ajaib karena hanya berjarak sekitar 90 meter dari laut dan kedalaman satu setengah meter tetapi rasa air yang berada dari dalam sumur tersebut tawar seperti air gunung dan tidak pernah habis atau kering walaupun setiap para pengunjung yang datang ke lokasi itu selalu membawa atau mengambil air dari sumur tersebut dengan memakai jerigen atau botol.

Mansyur (64) warga kecamatan Sigambal Labuhan Batu salah seorang pengunjung yang datang ke sumur ajaib tersebut, mengatakan datang ke Pantai Klang bersama keluarganya bukan hanya sekedar rekreasi dan mandi tetapi kedatangannya juga ingin menikmati dan membawa pulang air yang berasal dari dalam sumur ajaib tersebut. Dikatakannya, diketahuinya air sumur ajaib tersebut berkhasiat dari tetangganya yang datang ke lokasi itu beberapa bulan lalu, air tersebut dapat diyakini dapat memberi penyembuhan bermacam penyakit. Meningkatnya pengunjung ke sejumlah objek wisata terutama wisata pantai di daerah kabupaten Serdang Bedagai tidak terlepas dari kinerja Dinas Perhubungan dan Pariwisata Sergai. Jika potensi ini dikemas dengan baik dan ditata, tentu akan semakin meningkatkan PAD. Untuk melihat foto-foto dari Pantai Klang dan Sumut Air Tawar silakan click content ‘Sergai Dalam Foto’.
dan masih banyak lagi objek wisata yang ada di serdang bedagai lebih jelas klick di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...keyword: pulau berhala serdang bedagai, tempat wisata di sumatera utara, objek wisata di sumatera utara, objek wisata sumatera utara, objek wisata serdang bedagai, tempat wisata sumatera utara, obyek wisata daerah sumatera utara, pulau berhala sergai, pantai di sumatera utara, obyek wisata sumatera utara, objek wisata sumut, tempat wisata sumatra utara, tempat wisata di serdang bedagai, objek wisata di serdang bedagai, obyek wisata di sumatera utara, tempat pariwisata di sumatera utara, agar memek tetap kelang, kisah nyata di serdang bedagai, wisata pantai di sergai
No Searches

9 Responses to “Objek wisata Yang Ada Di Serdang Bedagai Sumatera Utara”

  1. wah panjang amiiiir,
    btw asik juga kalo bisa rekreasi kesana

  2. yoi..ya main2 lah ke kampuk awak.di serdang bedagai..hehehehe

  3. boleh bagi info hotel murah yang di tebing tinggi deli dunk

  4. indh bgt serdang bedagai it

  5. Ada satu lagi pantai yang terlupakan di SERGEI..yaitu Pantai Merdeka yg terletak di Tg.Beringin _ Bedagai…

  6. dimananya tuh pantai klang???
    dari pematangsiantar jauh gak ke sana??
    tolong di email ke: egrithasmart@yahoo.co.id

  7. Latif Albara on July 3rd, 2010 at 13:14

    Wahhh jd ingin coba tuh klu mudik ke Mdn nanti.

  8. artikel yang menarik…
    thank’s ya buat info objek wisata nya…
    kira2 brp ya biaya untuk bs mengujungi objek2 wisata yang banyak sekali itu..
    pengen bisa mengunjungi tempat2 wisata d serdang…. fasilitas nya sangat lengkap..

  9. dari medan kota jarak tempu ke pantai klang brapa jam
    jawabnya emailkan ke sanjita_ku@yahoo.co.id

Leave a Reply


prosense agc agckucom