Masjid Al-Haram Direnovasi, Maqam Ibrahim Berencana “Dipindah”

Pembangunan Masjidil Haram makin gencar. Setelah perluasan tempat sa’i, kini perluasan tempat thawaf mulai direncanakan. Bahkan wacana memindah Maqam Ibrahim
Kepala Proyek Pengembangan Masjidil Haram, Ir. Abdul Muhsin Al Asyaikh menyatakan bahwa perluasan tempat thawaf di sekitar Ka’bah, dalam rangka merespon bertambahnya jumlah jamah haji di tiap tahunnya tengah dipelajari.

Dalam keterangan resminya di hadapan wartawan ia mengatakan bahwa proyek perluasan tempat thawaf yang telah dilakukan 4 tahun yang lalu –yang mencakup perluasan tempat thawaf lantai 2 dan atap– telah menambah kapasitas daya tampung Masjidil Haram secara berlipat ganda.
Sedangkan Ketua Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menanggapai hal ini ia menyatakan, ”Perlu memperpanjang waktu untuk mempelajarinya secara teliti.” Ia juga mengatakan bahwa proyek itu membutuhkan bantuan dari para pakar dalam berbagai bidang, sebelum dimulai pelaksanaanya.

Ketika ditanya tentang kemungkinan dipindahnya Maqam Ibrahim (batu tempat nabi Ibrahim Alaihissalam berpijak), ia mengatakan, ”Maqam Ibrahim tidak mengganggu mereka yang melakukan thawaf. Memang ada yang memberi perlakuan yang salah terhadap Maqam Ibrahim, tapi sejatinya Maqam Ibrahim yang berada di dekat Ka’bah tidak mengganggu mereka yang thawaf.

Sedangkan Lajnah Daimah, dalam fatwanya telah menjelaskan bahwa, bila mengganggu arus jama’ah, sehingga membahayakan, maka Maqam Ibrahim bisa dipindah. Itu tercermin pada keputusan Lajnah no. 35, 14/2/1395.
Sebagaimana dijelaskan Ibnu Katsir, bahwa Maqam Ibrahim dulu pada zaman Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam berdempet dengan dinding Ka’bah, hingga zaman khalifah Abu Bakar. Sedangkan di masa Umar bin Khattab Maqam Ibrahim digeser menjauh dari Ka’bah. [al Bayan/tho/www.hidayatullah.com]

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
No Searches

2 Responses to “Masjid Al-Haram Direnovasi, Maqam Ibrahim Berencana “Dipindah””

  1. HEBAT, BISA MENGGESER MAQAM IBRAHIM.
    Ketika ketahuan bohongnya, beralasan maqam ibrahim di geser.
    ketika ketahuan bohongnya, lalu dibuatkan lubang biar seperti tapak kaki.
    COBA RENUNGKAN : kalo dulu menempel, terus sekarang di geser, lalu yang di sebut multazam di bagian mana? katanya antara kabah dan maqam!
    coba pikirkan bagaimana cara meninggikan tembok kabah dengan besarnya maqam yang hanya segitu!
    bagaimana cara mengangkat batu2besar kalau cuma 2 orang!
    BAGAIMANA MUNGKIN IBRAHIM YANG ADALAH NENEK MOYANG ISRAEL, NAIK KE GUNUNG DAN BERTERIAK-TERIAK KEPADA ORANG-ORANG ARAB DAN PAKE BAHASA ARAB!
    TAPI ORANG ARAB (ISLAM) KALO BUAT DONGENG MEMANG HEBAT (KAYAK NABINYA) SEBAB ADA IBU-IBU YANG HAMPIR MATI KEHAUSAN BISA NAIK TURUN GUNUNG DAN LEMBAH SAMPAI 7 (TUJUH )KALI DI TERIKNYA MATAHARI UNTUK CARI AIR, PADAHAL (KATANYA) DISEKITAR TEMPAT ITU SUDAH ADA PERKAMPUNGAN.

    YAH……..SEANDAINYA BANYAK ORANG MAU BERPIKIR, PASTI TIDAK AKAN DIBODOHI MENTAH-MENTAH, DAN BISA MEMBEDAKAN MANA YANG DONGENG DAN MANA YANG KISAH NYATA.

    SHALOM, SEMOGA ANDA DITUNJUKKAN JALAN YANG BENAR.

    JALAN YANG LURUS BELUM TENTU MENGARAH KE SURGA, TETAPI JALAN YANG BENAR, MESKIPUN BERLIKU-LIKU, NAIK TURUN GUNUNG DAN BANYAK RINTANGAN NAMUN AKHIRNYA BENAR MENUJU KE SURGA

  2. wagisan bodoh, multazam bukan antara maqam Ibrahim dan pintu ka.bah, tapi antara Hadjar Aswad dan Pintu ka’bah, kalau Tuhan menghendaki tidaaka ada yang mustahil, jangan2 kamu bukan keturunan Ada dan hawa tapi keturunan monyet dan kera, ngak tau ngak usah komentar

Leave a Reply


prosense agc agckucom