Manfaat Bersyukur

Hidup ini adalah anugerah Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang jauh lebih berharga daripada kebanggaan diri. Pernah ada seorang bapak yang datang ke Rumah Amalia yang merasa hidupnya sudah tidak berarti lagi karena tidak ada yang bisa membanggakan dirinya karena merasa telah gagal mendidik anaknya. Saya mengatakan kepada beliau bahwa hidup ini lebih berharga daripada sebuah kebanggaan diri kita.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, Nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. ar-Rahman : 26). Allah mengingatkan kita bahwa orang yang hidupnya mencari kebahagiaan sesungguhnya orang yang tidak bahagia karena kebahagiaan itu adalah anugerah Allah yang setiap hari melimpah datang dalam hidup kita. Terkadang kita hanya perpikir apa yang hilang dan apa yang tidak ada dalam hidup kita. Cobalah berpikir apa yang ada pada diri kita maka kita ada banyak anugerah Allah yang kita bisa syukuri. Bukankah hidup ini akan menjadi lebih indah apabila kita mensyukurinya?

Jika kita mampu bersyukur dalam segala kondisi dan keadaan maka banyak manfaat kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya adalah.

Pertama, Mengucapkan puji syukur ‘alhamdulillah’ membuat tubuh dan jiwa kita menjadi kuat karena ucapan puji syukur ‘alhamdulillah’ adalah cermin sikap kita untuk rela menerima apapun keadaan yang Allah berikan kepada kita untuk membentuk dan mendewasakan diri kita. Sebagaimana Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wa Salam harus menghadapi cercaan dan makian orang-orang yang menentang beliau. Kekuatan dan keteguhan hati Nabi Muhammad yang membuatnya mampu melewati semua ujian dan cobaan dengan senantiasa mengucap puji syukur kehadirat Allah.

Kedua, Mengucapkan puji syukur ‘alhamdulillah’ akan mudah kita untuk memaafkan. Mengucapkan puji syukur kehadirat Allah membuat cara pandang kita terhadap orang yang menyakiti, melukai atau mengkhianati kita dengan cara pandang kasih sayang Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Ketiga, Mengucap puji syukur ‘alhamdulillah’ adalah kemampuan kita membuang energi negatif di dalam diri kita dan dengan izin Allah menggantikannya dengan energi positif di dalam diri kita. Segala perasaan buruk, penyakit hati seperti marah, dengki, kecewa, dendam yang tersimpan di dalam diri kita yang harus kita buang. Membuang energi negatif bukan dengan cara menekan atau seolah merasakan tidak terjadi apapun. Membuang energi negatif di dalam diri kita adalah dengan senantiasa mengucapkan ‘alhamdulillah’ puji syukur kehadirat Allah berarti sebuah permohonan agar Allah berkenan mengubah energi negatif di dalam tubuh kita menjadi energi positif, yang buruk menjadi baik, yang benci menjadi cinta dan yang hina menjadi mulia.

Yuk, bersyukur…!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...keyword: manfaat bersyukur, manfaat syukur, manfaat bersyukur kepada allah, tujuan bersyukur, manfaat Alhamdulillah, manfaat dari bersyukur, Keuntungan bersyukur, perlunya bersyukur, contoh syukur
No Searches

Leave a Reply


prosense agc agckucom