Makna Kearifan dan Kecerdasan

Sekalipun liburan, tentunya masih banyak butiran-butiran mutiara hikmah yang masih kita temukan diforum ini. Semoga tulisan berikut ini bisa bermanfaat buat kita semua. yaitu memahami ‘Makna Kearifan Dan Kecerdasan.’

Ketinggian manusia bukan hanya ditentukan oleh ilmu pengetahuan yang dimilikinya, tetapi lebih pada bagaimana ilmu itu memberi manfaat kepada kehidupan. Ada orang pintar tetapi keblinger sehingga kepintarannya justeru digunakan untuk “minteri” orang lain. Semakin pinter orang seperti itu maka semakin banyak orang lain yang menjadi korban dari kepintarannya.

Sebaliknya ada orang yang dari segi pendidikan formal ia biasa-biasa saja, tetapi dari segi pergaulan sosial orang itu banyak sekali memberi kemanfaatan kepada orang lain, karena setiap kali sedikit yang ia berikan justeru mengandung makna besar bagi yang menerima. Ia bukan saja tahu, tetapi juga arif. Ia bukan hanya pintar tetapi juga cerdas.

Nah kearifan dan kecerdasan ádalah ekpressi psikologis dari orang yang bijak. Bijak mengandung arti ketepatan. Jika adil mengandung arti menempatkan sesuatu pada tempatnya, bijak lebih dari itu yaitu menempatkan sesuatu tepat pada tempatnya. Dari pemahaman itu maka kecerdasan bukan hanya menyangkut intelektualitas, tetapi juga emosi dan bahkan spiritual. Itulah makna kearifan dan kecerdasan.


‘HambaKu senantiasa mendekatkan diri kepadaKu dengan perbuatan-perbuatan baik sehingga Aku jatuh cinta padanya. (Hadist Qudsi Diriwayatkan Muslim).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...keyword: arti kearifan, hadist tentang kecerdasan, arti kecerdasan
No Searches

One Response to “Makna Kearifan dan Kecerdasan”

  1. Intelektualitas yang yg tidak didasari dgn iman justru kerusakan adanya.Semakin tinggi iman semakin tinggi pula tingkat kcerdasan emosi dan spiritual seseorang.Mari kembali pada fitrah,pada hati nurani,kembali pada agama,kembali pada Allah dgn meneladani Rosul.
    Trmksh,artikelnya menjadi instropeksi.

Leave a Reply


prosense agc agckucom