Keutamaan Membaca al-Quran

Malam yang sunyi dalam kesendirian membaca al-Quran dengan memahami makna sungguh merupakan kenikmatan tersendiri. Dengan membaca pelan sambil meresapi setiap kandungannya terasa keindahan sendiri, sebagai Allah berfirman, ‘Maka bacalah al-Quran apa yang mudah bagimu untuk membacanya.’ (QS 73:20). Rasulullah senantiasa mengajarkan kita agar kita mengetahui manfaat dan keutamaan membaca al-Quran diantaranya adalah.

1. Menentramkan hati, sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wa Salam, ‘ Tidaklah sesuatu kaum berkumpul di suatu masjid daripada masjid-masjid Allah, mereka membaca al-Quran dan mempelajarinya kecuali turun kepada mereka ketentraman hati, mereka diliputi dengan rahmat, malaikat menaungi mereka dan Allah menyebut-nyebut mereka dan Allah menyebut-nyebut makhluk yang ada disisiNya. (HR. Muslim).

2. Penyembuh. Menurut Ibnu Qayyim dalam kitab ‘Zadul Ma’ad menyebutkan bahwa al-Quran adalah penyembuh yang sempurna dari seluruh penyakit jasmani maupun rohani, sebagaimana firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

‘Hai Manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman (QS. 10:57).

3. Kedua Orang Tua Mendapatkan Mahkota Surga, dari Muadz Bin Anas, Rasulullah bersabda, ‘barangsiapa membaca al-Quran dan mengamalkan apa yang terdapat didalamnya. Allah akan mengenakan mahkota kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat kelak. Dimana cahayanya lebih terang daripada cahaya matahari didunia. Maka kamu tidak akan menduga bahwa pahala itu disebabkan amalan seperti itu. (HR. Abu Dawud).

4. Kemuliaan Dari Allah. Orang yang membaca al-Quran senantiasa mendapatkan kemuliaan dari Allah bahkan orang yang masih terbata-bata dalam membaca al-Quranpun mendapatkan dua pahala, sebagaimana sabda Nabi Muhammad,

‘Orang yang membaca al-Quran dan ia mahir dalam membacanya maka ia berkumpul bersama para malaikat, yang lebih mulia lagi berbakti. Sedangkan orang yang masih terbata-bata dan merasa berat membacanya maka ia mendapatkan dua pahala.’ (HR. Muttafaqun ‘Alaihi).

Sementara dihadist yang lain Nabi Muhammad juga bersabda, ‘ Bacalah dan bacalah sekali lagi bacalah dengan tartil seperti dilakukan didunia karena tempatmu terletak diakhir ayat yang engkau baca.’ (HR. Tirmidzi).

5. Dibela di Akherat. Dari Abu Hurairah, bahwasanya Nabi bersabda, ‘Bacalah al-Quran maka sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai syafaat (pembela) bagi ahlinya yaitu orang yang membaca, mempelajari dan mengamalkannya. (HR. Muslim).

Yuk, kita giatkan membaca al-Quran…

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...keyword: teks ceramah ustad maulana, kumpulan ceramah ustad solmed, teks ceramah ustad nur maulana, teks tausiah, ceramah di bulan ramadhan, kumpulan ceramah ustad maulana, kumpulan ceramah ustadz solmed, naskah ceramah ustad nur maulana, ringkasan ceramah ustad nur maulana, kultum ustad maulana, Naskah ceramah ustad maulana, pidato ustad maulana, contoh teks tausiah, ringkasan ceramah ustad maulana, rangkuman ceramah ustad maulana, contoh naskah tausiah, tausiah ustad maulana, teks pidato keutamaan al quran, teks ceramah ustadz maulana, ceramah ustad solmed di bulan ramadhan, Kumpulan ceramah solmet, teks ceramah ustadz solmed, ringkasan ustad maulana, kumpulan ceramah singkat ustadz solmed, teks ceramah ust solmed, Pidato singkat tentang kemuliaan al qur`an, rangkuman ceramah bulan ramadhan 2014 ustad solmed, rangkuman ceramah dengan judul kemuliaan dengan al quran, Tesk ceramah ustad solmed, ringkasan ceramah ustaz maulana di bulan ramadhan ini
No Searches

Leave a Reply


prosense agc agckucom