Cukuplah Allah Menjadi Penolong Kami

Bila kita sedang menghadapi berbagai ujian, cobaan, musibah barulah menyadari kita memerlukan pertolongan. Kita baru tersadar bila kita tertimpa ujian dan cobaan yang bertubi-tubi, seolah terlempar ke dunia yang terasa begitu berat membuktikan bahwa kita makhluk yang lemah, tidak berdaya, kita memerlukan bantuan, kita memerlukan bantuan. Namun kepada siapa kita meminta pertolongan? Bukankah disekeliling kita juga membutuhkan pertolongan? Secercah harapan dalam hidup kita hadir bila kita menyakini ‘Hasbunallah wanikmal wakil’ (QS. Ali Imran: 173). Artinya, ‘Cukuplah Allah menjadi penolong kami.’

Ketika Nabi Ibrahim Alaihi Salam dilempar ke dalam kobaran api, beliau mengucapkan ‘Hasbunallah wanikmal wakil’ Allah menjadikan api yang panas menjadi dingin sehingga Nabi Ibrahim selamat dari kobaran api yang membara. Demikian juga ketika Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi wa Salam dan para sahabatnya mendapatkan ancaman juga mengucapkan ‘Hasbunallah wanikmal wakil’ yang membuatnya selamat dari marabahaya.

‘Cukuplah Allah menjadi penolong bagi kami dan Dia sebaik-baiknya pelindung. Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia yang besar dari Allah, mereka tidak ditimpa suatu bencana dan mengikuti keridhaan Allah. Allah mempunyai karunia yang besar.’ (QS. Ali Imran : 173-174).

Kita tidak akan bisa mampu melawan bencana, menaklukkan semua derita dan mencegah musibah yang datangnya setiap saat dengan cara kita sendiri sebab kita memiliki kemampuan yang terbatas, kita diwajibkan berikhtiar untuk menyelesaikan setiap masalah bagaimana hasilnya selebihnya kita menyerahkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jika tidak demikian, adakah jalan keluar yang lebih baik untuk kita tempuh disetiap kita menghadai ujian dan cobaan?

‘Dan bertawakallah engkau hanya kepada Allah, jika engkau orang-orang yang beriman.’ (QS. al-Maidah : 23).

Teman yang berbahagia, bertawakallah kepada Allah yang Maha Kuat dan Maha Sempurna yang kekuatannya begitu teramat besar tak terbatasi, jadikanlah ‘Hasbunallah wanikmal wakil’ sebagai amalan yang bermakna dalam setiap langkah kita. jika anda sedang terlilit hutang, menghadapi cobaan yang beruntun, kehilangan pekerjaan, rizki yang seret, dikhianati orang yang anda cintai, sedang dalam keadaan sakit parah, jika anda takut terhadap perlakuan orang berbuat dzalim, mengadu dan berharaplah kepada Allah dengan mengucap ‘Hasbunallah wanikmal wakil’ Insya Allah, ujian, cobaan, penderitaan dan masalah kita selesai dengan pertolongan Allah. Amin..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...keyword: hasbunallah wanikmal wakil, arti hasbunallah, doa hasbunallah, khasiat hasbunallah, arti hasbunalloh, hasbiyallah wanikmal wakil, ayat hasbunallah, doa nabi ibrahim hasbunallah, Ali Imran 173, Doa hasbunallah wanikmal wakil, makna hasbunallah wanikmal wakil, hasbunallah arti, hasbunallah, hazbunallah, arti kata hasbunallah wanimalwakil, arti amalan hazbunalloh wanimalwakil, APA ARTI HASBUNALOH
No Searches

Leave a Reply


prosense agc agckucom